You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Tumpakoyot
Desa Tumpakoyot

Kec. Bakung, Kab. Blitar, Provinsi Jawa Timur

Sepi Ing Pamprih Rame Ing Gawe

Kegiatan Yasinan yang diikuti oleh Mahasiswa KKN

13 Februari 2020 Dibaca 49 Kali
Kegiatan Yasinan yang diikuti oleh Mahasiswa KKN

TUMPAK OYOT – Kegiatan yang dilakukan mahasiswa bersama masyarakat Desa Tumpak Oyot yang sudah menjadi budaya ini dilakukan secara rutin setiap hari kamis, jum’at, dan sabtu selalu ada kegiatan yasinan secara bergiliran. Di Desa Tumpak Oyot Dusun Sumber Sari ini ada tiga lingkungan yasinan yang telah berjalan, yaitu lingkungan sekitar rumah Ibu Yayuk (guru TPQ) yang dilakukan setiap hari jum’at, lingkungan sekitar Ibu Rom (guru Piaud) dilakukan setiap hari sabtu, dan di masjid Al-mustaqim yang dilakukan setiap hari kamis.

Kegiatan yasinan yang dilakukan di masjid Al-mustaqim pada hari kamis tanggal 6 februari 2020 kemarin, mahasiswa KKN diberikan kesempatan untuk mengimami  sekaligus memberikan kultum kepada jama’ah yasinan. Dengan isi kultum bertemakan tentang kodrat perempuan pada zaman jahiliyah yang disampaikan oleh Siti Miftahul Choir salah satu mahasiswi KKN IAIN Tulungagung Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Seperti yang telah terlihat, bahwa masyarakat sudah sangat percaya kepada mahasiswa KKN. Sekitar dua puluhan ibu-ibu yang mengikuti jama’ah yasinan. Memang tidak terlalu banyak para jama’ah yang mengikuti, tapi bagusnya kegiatan tersebut bisa berlangsung lama. Biasanya, sebelum acara yasinan selesai, para jama’ah terlebih dahulu mengacak giliran yasinan selanjutnya atau mungkin bisa dibilang arisan.

Kegiatan yang sudah dilakukan mahasiswa KKN ini termasuk salah satu program dari devisi keagamaan, yang juga termasuk kegiatan pengabdian untuk masyarakat Desa Tumpak Oyot.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image